JPNN.com

Saran untuk Luhut dan Doni yang Ditugaskan Jokowi Turunkan Corona di 8 Provinsi

Selasa, 22 September 2020 – 11:21 WIB
Saran untuk Luhut dan Doni yang Ditugaskan Jokowi Turunkan Corona di 8 Provinsi - JPNN.com
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala BNPB Doni Monardo menurunkan angka penularan Covid-19 di delapan provinsi dalam waktu hanya dua minggu.

Delapan provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Komunikolog Emrus Sihombing mengatakan, bila merujuk pada penugasan yang berbatas waktu sangat singkat itu, alangkah baiknya di awal hari pertama Luhut dan Doni membuat target capaian jumlah penurunan Covid-19 di delapan provinsi tersebut.

Menurut dia, capaian itu harus dibuat terukur atau kuantitatif. Capaian tersebut juga harus disampaikan kepada publik. "Rumusan capaian menjadi ukuran untuk melihat apakah target tercapai atau tidak," kata Emrus, Senin (21/9) malam.

Pengajar magister ilmu komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) ini menambahkan, berdasar target itu Luhut dan Doni dapat melakukan evaluasi apakah tercapai seluruhnya, sebagian besar, atau rendah. Kemudian, lanjut dia, yang tidak kalah pentingnya adalah menguraikan alasan-alasannya.

"Jika belum dirumuskan di awal tentang target penurunan kasus Covid-19 tersebut dan belum disampaikan kepada publik, maka akan mengalami  kesulitan mengukur tingkat berhasil pelaksanaan tugas dan sulit mendapat dukungan publik," jelas Emrus. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama