Saran Wakil Ketua MPR RI Tentang Cara Pengendalian Covid-19

Saran Wakil Ketua MPR RI Tentang Cara Pengendalian Covid-19
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Arah Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/9). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kebijakan sudah diberlakukan Pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19, tetapi kunci penyelesaian penanganan Covid-19 berada di tangan kita bersama.

“Kita berharap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat Pemerintah bisa menjadi landasan untuk mewujudkan langkah pengendalian Covid-19 di Tanah Air yang lebih baik," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Arah Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/9).

Diskusi yang dimoderatori Dra. Okky Asokawati, M.Psi (Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan) itu menghadirkan Letjen TNI Doni Monardo (Ketua Satgas Penanganan Covid 19/Kepala BNPB), Dr. Atik C Hidajah, dr, M.Kes (Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Airlangga), Alfito Deanova Gintings (Direktur Konten/Pemimpin Redaksi Detik Networks) dan Wibi Andrino, SH, MH (Ketua Fraksi Partai NasDem DKI Jakarta) sebagai narasumber.

Selain itu, diskusi menghadirkan Dr. Ali Masykur Musa (Ketua Umum PP Ikatan Sarjana NU) dan Sunanto (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah) sebagai panelis.

Namun, menurut Lestari, kebijakan yang dibuat Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri, harus melibatkan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam pelaksanaannya.

Sebelum ditemukannya vaksin, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, kemampuan adaptasi setiap warga di masa pandemi ini sangat diperlukan.

Bentuk adaptasi yang harus dilakukan, menurut Rerie, adalah adaptasi terhadap kondisi lingkungan yang saat ini terpapar virus korona, lewat penerapan kebiasaan baru yang mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Legislator Partai NasDem itu yakin masalah penanganan pengendalian Covid-19 di Tanah Air bisa diselesaikan secara paripurna, lewat kerja sama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat.

Sejumlah kebijakan sudah diberlakukan Pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19, tetapi kunci penyelesaian penanganan Covid-19 berada di tangan kita bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News