Saraswati Yakin Tarif MRT Tak Memberatkan Warga DKI

Saraswati Yakin Tarif MRT Tak Memberatkan Warga DKI
Anggota komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Rahayu Saraswati mendukung kebijakan pemerintah DKI Jakarta terkait besaran tarif moda transportasi Mass Rapid Transit alias MRT. Saraswati mengatakan, tarif merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dan masyarakat penguna.

"Kebijakan tarif bentuk kontribusi masyarakat dalam menjaga aset bersama. Ada rasa tanggung jawab disana karena MRT adalah fasilitas umum yang disediakan pemerintah," ujar anggota Komisi VIII DPR RI ini, Senin (1/4).

Saraswati menyakini besaran tarif yang ditetapkan pemerintah DKI Jakarta telah melalui kajian dan analisa yang matang. Termasuk kajian daya beli masyarakat dan kemampuan keuangan Pemporov DKI Jakarta dalam memberikan subsidi.

"Pak Anies pasti berorientasi agar semua lapisan masyarakat bisa memanfaatkan MRT dengan tarif yang ditetapkan," tambah caleg DPR RI Dapil 3 DKI ini.

BACA JUGA: Surat Cinta Anies untuk Pekerja MRT, Contoh Laku Seorang Pemimpin

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan DPRD DKI menyetujui tarif MRT Jakarta Rp 10.000/10 km (proyeksi rata-rata perjalanan). Adapun tarif minimal yang dikeluarkan penumpang nantinya adalah Rp 3.000. Tap in dan tap out di stasiun yang sama akan dikenakan tarif minimum, yakni Rp 3.000.

Tarif Rp 10.000/10 km sendiri terdiri atas dua komponen, yakni boarding fee yang dipatok sebesar Rp 1.500 ditambah unit price per kilometer (harga per kilometer) yang dikalikan jarak. Tarif 10.000/10 km unit harga per km nya dipatok Rp 850.

Dengan tarif tersebut, maka jumlah subsidi yang akan dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta mencapai Rp 672 miliar hingga akhir 2019. Jumlah subsidi berasal dari proyeksi penumpang MRT sebanyak 65.000 orang/hari dengan besaran subsidi per penumpang mencapai Rp 21.659.

Anggota DPR RI Rahayu Saraswati mendukung kebijakan pemerintah DKI Jakarta terkait besaran tarif moda transportasi Mass Rapid Transit alias MRT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News