Satgas Covid-19 Jelaskan Kenaikan Kasus Harian Pasien Positif yang Capai 8.369

Satgas Covid-19 Jelaskan Kenaikan Kasus Harian Pasien Positif yang Capai 8.369
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: HO/BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Penambahan pasien terkonfirmasi positif menunjukkan jumlah yang cukup signifikan, yaitu 8.369 kasus pada hari ini, Kamis (3/12).

Penambahan tertinggi harian dari provinsi Papua, sebanyak 1.755 kasus dan menambahkan jumlah kumulatifnya menjadi 11.879 kasus.

Serta Jawa Barat yang menambahkan 1.648 kasus dan kumulatifnya menjadi 55.807 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penambahan kasus pada dua provinsi tersebut berkaitan dengan upaya pemerintah meningkatkan interoperabilitas data Corona.

Sistem yang selama ini digunakan untuk data Covid-19 di Kementerian Kesehatan, tengah dioptimalisasi untuk menyinkronkan data pusat-daerah.

"Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada hari ini terdapat penambahan kasus yang sangat signifikan, yaitu sebesar 8.369 kasus. Angka yang sangat tinggi ini salah satunya disebabkan karena sistem yang belum optimal," ujar Wiku di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Kamis (3/12).

Sebagai contoh, perbedaan data terdapat di beberapa provinsi, seperti di Papua. Papua hari ini melaporkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1.755 kasus.

Yang mana jumlah itu merupakan akumulasi penambahan kasus positif sejak 19 November hingga 3 Desember 2020.

Penambahan pasien terkonfirmasi positif menunjukkan jumlah yang cukup signifikan, yaitu 8.369 kasus pada hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News