Satgas Ungkap Program Penting untuk Penanganan Covid-19, Mohon Bersabar

Satgas Ungkap Program Penting untuk Penanganan Covid-19, Mohon Bersabar
Tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan meski terjadi penurunan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa pemerintah tengah melakukan sero survei antibodi terhadap virus Sars-Cov2.

Program ini masih terus dijalankan di 34 provinsi di Indonesia, dengan cakupannya meliputi sekitar seribu desa dan wilayah aglomerasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan survei ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kekebalan komunitas (herd immunity) masyarakat terhadap pandemi Covid-19.

Wiku menjelaskan hasil survei nantinya akan mengungkap informasi seberapa besar kekebalan komunitas yang telah terbentuk di Indonesia.

"Baik kekebalan karena infeksi alamiah maupun yang didapat dari hasil vaksinasi, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan yang berbasis data dan fakta," kata Wiku melalui akun BNPB di YouTube.

Wiku menjelaskan bahwa program tersebut tengah digarap Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Program itu juga melibatkan peneliti-peneliti dari perguruan tinggi di Indonesia.

"Diperkirakan akan segera dianalisis dan dapat keluar hasilnya di minggu ketiga atau keempat di akhir 2021," jelas Wiku.(tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Pemerintah memiliki program yang meneliti antibodi terhadap virus Sars-Cov2. Program itu diharapkan rampung pada akhir tahun.


Redaktur : Yessy
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News