Satgas Yonif 310/KK Bantu Warga Bangun PLTS di Puskesmas Perbatasan RI-PNG

Satgas Yonif 310/KK Bantu Warga Bangun PLTS di Puskesmas Perbatasan RI-PNG
Anggota Satgas Yonif 310/KK bersama warga saat membangun PLTS dan rumah daya di Puskesmas Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua. ANTARA/HO-Humas Satgas Yonif 310/KK

jpnn.com - JAYAPURA - TNI terus menunjukkan kepedulian dalam mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah perbatan Indonesia dan Papua Nugini (PNG), di Provinsi Papua.

Prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri 310/Kidang Kencana bersama warga membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Puskesmas Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua. 

Danpos Towe Hitam Letda Inf Andri Budi mengatakan bahwa selain pembangunan PLTS,  pihaknya juga membantu membangun rumah daya untuk menghemat sumber daya yang ada.

"Pembangunan PLTS dan rumah daya ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan, khususnya pada pelayanan kesehatan," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Minggu (20/8).

Andri menjelaskan bahwa  PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang bersumber dari radiasi matahari melalui konversi sel fotovoltaik (solar panel).

Oleh karena itu, pembangkit ini mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Menurutnya, PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga, apalagi Kabupaten Keerom memiliki cuaca yang terik sehingga bisa menjadi pembangkit listrik.

Dia menambahkan bahwa pembangunan tersebut membutuhkan waktu 4 hari. Dalam hal ini, pihaknya dibantu oleh teknisi.
Dia berharap setelah pembangunan PLTS dan rumah daya rampung, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kampung Towe Hitam kepada masyarakat setempat.

Prajurit TNI Satgas Yonif 310/KK membantu warga membangun PLTS di Puskesmas wilayah perbatasan RI-PNG di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News