Satlinlamil Surabaya Dukung Komodo Exercise MINEX 2018

Satlinlamil Surabaya Dukung Komodo Exercise MINEX 2018
Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto didampingi para perwira staf menerima panitia pelaksanaan Komodo Exercise dari Guspurlatim di Maskas Komando Satlinlamil Surabaya. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, SURABAYA - Lagi-lagi kegiatan Komodo Exercise mulai dirancang oleh TNI Angkatan Laut untuk waktu pelaksanaan tahun 2018 mendatang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin TNI Angkatan Laut yang sudah ditetapkan pelaksanaannya setiap dua tahun sekali.

Komodo Exercise 2018 akan dilaksanakan di Lombok dan Bali. Untuk persiapan rangkaian kegiatan diadakan pembahasan di Markas Komando Satuan Lintas Laut Militer (Mako Satlinlamil) Surabaya sebagai salah satu posko koordinasi pembahasan seruruh persiapan rangkaian kegiatan.

Pada tahap awal pelaksanaan rapat koordinasi ini, Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto didampingi para perwira staf menerima panitia pelaksanaan Komodo Exercise dari Guspurlatim di Maskas Komando Satlinlamil Surabaya, Jumat (20/10).

Kegiatan berskala internasional ini dengan nama Komodo Execise dan tahun 2018 nanti adalah yang ketiga kalinya dirancang TNI Angkatan Laut dilaksanakan di Indonesia dengan tempat yang berbeda-beda. Pertama sekali pada 29 Maret-3 April 2014 di Batam, Kepulauan Anambas dan Natuna, Kepulauan Riau. Kegiatan kedua dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada bulan April tahun 2016 lalu yang dihadiri oleh presiden RI.

Pada kegiatan Multilateral di Lombok dan Bali nanti rencananya akan melibatkan sejumlah Angkatan Laut dari negara sahabat. Seperti yang penah dilaksanakan sebelumnya di Padang setidaknya melibatkan 35 negara hadir dengan angkatan lautnya malaksanakan latihan dan diskusi bersama dengan TNI Angakatan Laut.

Pelaksanaan kegiatan komodo exercise di Lombok akan menghadirkan sejumlah kapal perang dari negara sahabat dengan sejumlah personel tentara pengawak diperkirakan akan menjadikan daerah Lombok pusat perhatian wisatawan.(fri/jpnn)


Komodo Exercise 2018 akan dilaksanakan di Lombok dan Bali. Untuk persiapan rangkaian kegiatan diadakan pembahasan di Markas Komando Satuan Lintas Laut Militer


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News