JPNN.com

Satria Muda Andal Nusa Nilai Jokowi Berhasil Bangun Perdesaan

Senin, 24 Juni 2019 – 20:14 WIB Satria Muda Andal Nusa Nilai Jokowi Berhasil Bangun Perdesaan - JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Satria Muda Andal Nusa (SAMAA) terus aktif dan konsisten mengawasi penggunaan dana desa pada era pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi.

Salah satu caranya ialah dengan terjun langsung ke lapangan. Ketua Dewan Pembina Satria Muda Andal Nusa Feriko Sitepu beserta jajarannya terjun ke Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/6).

"Kami bertujuan melakukan identifikasi awal pembangunan desa dan masyarakat sebagai bentuk komitmen sebagai relawan Jokowi untuk terus mendukung dan mengawal program Nawa Cita beliau agar betul-betul sampai kepada masyarakat. Salah satunya adalah program dana desa," kata Feriko.

Satria Muda Andal Nusa Nilai Jokowi Berhasil Bangun Perdesaan

Dia menambahkan, identifikasi permasalahan yang dihadapi di lapangan penting dilakukan. Hal itu untuk pemantapan pelaksanaan program agar betul-betul dirasakan dan efektif mendongkrak pemberdayaan masyarakat dan berbagai hal yang masih dianggap perlu dalam rangka pembangunan desa tertinggal.

Pelaksanaan kegiatan terutama untuk menemukan berbagai masalah dan hal-hal yang masih perlu dilakukan untuk mendorong pelaksanaan program itu agar semakin mendekati harapan semua pihak, khususnya masyarakat.

Kegiatan identifikasi yang dilakukan di Desa Kalong Liud yang memiliki luas wilayah 325 hektare dan jumlah penduduk sekitar 9.000 jiwa itu ditemukan beberapa hal yang cukup menarik.

"Pada tahap awal kegiatan identifikasi, kami menemukan dan mengidentifikasi beberapa fakta dalam rangka pemberdayaan masyarakat Desa Kalong Liud, yaitu perlunya diberikan pelatihan vokasional berbasis potensi lokal, antara lain bambu, padi, dan pisang," tutur Feriko.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...