Satu Dekade JKN Penuh Prestasi, tetapi Masih Punya Catatan

Satu Dekade JKN Penuh Prestasi, tetapi Masih Punya Catatan
Dirut BPJS Ali Ghufron mengeklaim JKN sudah memiliki prestasi, tetapi masih ada yang harus diperbaiki diskusi publik yang bertajuk "Outlook JKN:Satu Dekade Jaminan Kesehatan Nasional, Sudah Sesuai Harapan?" di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (30/1). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron Mukti mengeklaim BPJS Kesehatan telah mencapai hasil yang memuaskan dalam satu dekade ini.

Hal itu diungkapkan saat menyampaikan sambutan dalam diskusi publik yang bertajuk "Outlook JKN: Satu Dekade Jaminan Kesehatan Nasional, Sudah Sesuai Harapan?" di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (30/1).

"Sekarang sudah mencapai 250 juta kurang sedikit kepesertaan BPJS Kesehatan. Dulu ada buku orang miskin dilarang sakit. Jual tanah, ternak untuk berobat sekarang sudah tidak lagi ada BPJS Kesehatan dengan konsep gotong royong," kata Ali Ghufron.

Di mengatakan banyak negara lain yang kagum dan tertarik dengan konsep BPJS Kesehatan di Indonesia.

"Banyak negara yang tertarik dengan konsep BPJS. Cakupan luas dan sudah terintegrasi dengan NIK. Ini luar biasa dimata negara lain," lanjutnya.

Namun demikian, Ali menyebut masih banyak tantangan yang harus dibenahi seperti mutu layanan, akses, dan perbaikan lainnya.

“Di rumah sakit masih ada yang minta fotokopi BPJS Kesehatan sebelum berobat. Untuk apa? Kan sudah terintegrasi dengan KTP. Ini terlalu berbelit-belit. Harus dibenahi,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Dewan Pengawas BPJS Abdul Kadir menyebutkan salah satu tantangan yang harus dibenahi ialah mutu layanan kesehatan yang masih sering dikeluhkan masyarakat

Dirut BPJS Ali Ghufron mengeklaim JKN sudah memiliki prestasi, tetapi masih ada yang harus diperbaiki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News