Satu Episode Kisah Bung Karno yang Ini Nyaris Tak Terpantau Radar Sejarawan

Satu Episode Kisah Bung Karno yang Ini Nyaris Tak Terpantau Radar Sejarawan
Bung Karno berkunjung ke Pangkalan Angkatan Laut di Ujung, Surabaya, Februari 1950. Foto: Dok. TNI AL. Repro Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - BUNG Karno pernah dianugerahi gelar Nakhoda Agung. Ini satu hal tentang proklamator kemerdekaan Indonesia yang tak banyak diketahui orang.

=======
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network 
=======

23 September 1963 digelar Musyawarah Nasional Maritim pertama di Jl. Prapatan, Jakarta. Persisnya di sekitar Tugu Tani yang jaraknya hanya sepelemparan batu dari Silang Monas. 

Rencanaya, Munas Maritim pertama ini dihelat di Istana Negara, tapi saat itu Istana ditutup beberapa waktu karena sedang direnovasi. 

"Tetapi justru karena ditutupnya Istana Negara, diadakan di sini, waaah lebih meriah, lebih segar dari pada kita resepsi di Istana Negara, megap-megap kepanasan, ini juga suatu blessing indisguise. This is also a blessing in disguise, that the reception to be hold here and not in Istana Negara," kata Soekarno.

Nakhoda Agung

Pembukaan Munas Maritim pertama ditandai dengan pemberian gelar kepada Presiden Soekarno. Si Bung dianugerahi gelar Nakhoda Agung. Sebagai simbolisasi ia dikalungi sebuah kalung yang teramat indah. 

"Saudara-saudara, saya terima pengangkatan menjadi Nakhoda Agung ini dengan penuh rasa tanggungjawab," ujar Bung Karno, saat itu.

BUNG Karno pernah dianugerahi gelar Nakhoda Agung. Ini satu hal tentang proklamator kemerdekaan Indonesia yang tak banyak diketahui orang. =======

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News