Satu Muharram, Momentum Introspeksi

Satu Muharram, Momentum Introspeksi
Satu Muharram, Momentum Introspeksi
PADANG - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengajak umat muslim di Sumbar menjadikan momentum 1 Muharram 1434 H yang jatuh pada hari ini, guna melakukan muhasabah (instrospeksi diri, red). Perubahan diri (hijrah) yang dilakukan berkaitan dengan hijrah nafsiyah (individu) dengan berusaha menjauhkan diri dari perbuatan menyimpang. Juga, berusaha memperbaiki diri untuk membersihkan dari segala perbuatan kotor.

Irwan menagatakan, hijrah baiknya dimulai dari keluarga, kerabat, tetangga, lingkungan dan masyarakat sekitar, sampai akhirnya membentuk komunitas yang siap melakukan hijrah secara utuh dan keseluruhan. "Hijrah adalah momentum perjalanan menuju tegaknya nilai-nilai Islam yang membentuk tatanan masyarakat baru, yakni masyarakat Islam," jelasnya.

Menurut Irwan, Islam juga mengajarkan bahwa hari-hari yang dilalui hendaknya selalu lebih baik dari sebelumnya. "Setiap muslim dituntut selalu berhijrah, yaitu menjadi lebih baik dari hari ke hari, begitu seterusnya. Hijrah sama derajatnya dengan jihad," ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad. Peringatan 1 Muharram bagi umat Islam kata dia tentu memiliki makna khusus dan dapat dijadikan momentum mengevaluasi gerakan umat dari tahun ke tahun. Kesempatan bagi umat Islam merenungkan kembali soal bagaimana keadaan sosial masyarakat Islam generasi pertama yang penuh tantangan dan penderitaan.

PADANG - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengajak umat muslim di Sumbar menjadikan momentum 1 Muharram 1434 H yang jatuh pada hari ini, guna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News