'Saya ke Sini atas Perintah Presiden'

'Saya ke Sini atas Perintah Presiden'
Ekspresi dua warga saat mencari anggota keluarganya yang menjadi korban tanah longsor di Desa Donorati, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (19/6). Foto : Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/JPNN.com

jpnn.com - SEMARANG – Sebagian besar wilayah Jawa Tengah dikepung banjir dan tanah lonsor. Khusus Kota Semarang, banjir antara lain disebabkan rob.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan kunjungan personal ke Semarang, Jawa Tengah, kemarin (19/6). 

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau kondisi rob yang menggenangi kota semarang dan sekitarnya. Khususnya, daerah Terboyo, Semarang,  yang diakui paling rawan.

’’Kedatangan saya ke sini atas perintah Pak Presiden untuk menangani masalah rob. Ini urgent karena akan ada momen mudik,’’ jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Basuki tak titik genangan yang parah. Sebab, air-air tersebut sudah tersedot pompa. 

Disamping itu, warga juga sudah memasang tanggul darurat berupa karung berisi pasir yang  dipasang di pinggir sungai. ’’Puncak ketinggian air pasang bulan Juni juga sudah terlewati,’’ imbuhnya.

Upaya pencegahan tersebut bakal dilakukan untuk mengatasi gangguan pada arus mudik dan arus balik 2016 nanti. Menurutnya, pilihan yang tepat adalah memaksimal peran kluster yang ada selama ini.

Selama ini, empat kluster yang dibuat untuk mencegah rob. Yakni, Kluster Semarang bagian Barat untuk bandara; kluster Semarang tengah untuk daerah Tawang; kluster Semarang Timur yaitu dengan Polder Banger; dan kawasan Terboyo untuk luapan Kali Beringin.

SEMARANG – Sebagian besar wilayah Jawa Tengah dikepung banjir dan tanah lonsor. Khusus Kota Semarang, banjir antara lain disebabkan rob. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News