JPNN.com

Sayang, Nadiem Makarim Belum Sentuh Persoalan Guru

Selasa, 26 November 2019 – 13:26 WIB Sayang, Nadiem Makarim Belum Sentuh Persoalan Guru - JPNN.com
Mendikbud Nadiem Makarim berpidato berkaitan Hari Guru Nasional 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih mengomentari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyambut Hari Guru Nasional 25 November yang diunggah di akun resmi Kemendikbud.

Fikri menyayangkan pidato Nadiem yang belum menyentuh persoalan guru di Indonesia. Fikri menunggu terobosan Nadiem mengatasi persoalan guru. 

“Maksudnya bagus agar meningkatkan awareness guru terhadap anak didik mereka, tetapi persoalan guru nasional saat ini mengkhawatirkan. Kami menunggu terobosan,” ujar Fikri dalam siaran persnya, Selasa (26/11).

Menurut Fikri, memang  ada masalah kurikulum di Indonesia yang sulit diikuti guru dan juga murid. "Selain itu juga bongkar pasang kebijakan seolah semua pendidik dipaksa bereksperimen,” ucap politikus PKS ini. 

Hanya saja, lanjut Fikri, saat ini posisi Nadiem adalah pembuat kebijakan yang tugasnya menemukan solusi atas beragam permasalahan pendidikan, khususnya terkait guru.

“Masalah guru di Indonesia mulai dari jumlah, kualitas, sampai kesejahteraan pendidik itu mestinya jadi prioritas,” kata mantan guru ini.

Berdasar data  Kemendikbud, secara nasional tahun ini terdapat kekurangan 746.121 guru di sekolah negeri seiring adanya 62.759 guru yang akan pensiun.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat, di mana pada 2021, guru yang pensiun mencapai 69.757 orang. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...