Sayangkan Nihilnya Kontestasi di Ajang Konvensi

Sayangkan Nihilnya Kontestasi di Ajang Konvensi
Sayangkan Nihilnya Kontestasi di Ajang Konvensi

jpnn.com - JAKARTA - Mantan anggota Komite Konvensi Partai Demokrat, Effendi Gazali menyatakan bahwa tidak ada kecurangan selama berlangsungnya proses penjaringan calon presiden di partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Effendi menyatakan, hal yang perlu dikritisi adalah tidak terlihatnya kontestasi dari 11 peserta konvensi capres di Partai Demokrat (PD).

"Saya yakin betul tidak ada skema kecurangan di konvensi capres Partai Demporat. Tapi tidak terlihat kontestasi dari sebelas (peserta), lalu ada yang tersisih menjadi enam hingga menuju tiga," kata Effendi kepada wartawan, Rabu (23/4).

Beda halnya dengan konvensi calon presiden yang dilakukan oleh Partai Golkar pada 2004 yang menghasilkan Wiranto sebagai pemenangnya. Menurut Effendi, greget di konvensi capres Golkar sangat terasa. “Dari berbagai sumber saya dapat infromasikan, konvensi capres Golkar itu sangat ditentukan oleh 'gizi'," tuturnya.

Tapi lanjut dia, ada yang lebih merisaukan lagi dari ajang konvensi capres PD. Yakni tidak adanya kontestasi gagasan. "Kita lihat, ada keseganan diantara peserta konvensi untuk berbeda," ujar pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia itu.

Bahkan Effendi menyayangkan peserta konvensi yang punya gagasan berbeda dibanding SBY namun tak berani menyuarakannya. "Padahal ada di antara peserta konvensi itu yang secara cerdas bisa melakukan itu. Toh, yang tentukan nantinya adalah survei, bukan SBY," tegasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan anggota Komite Konvensi Partai Demokrat, Effendi Gazali menyatakan bahwa tidak ada kecurangan selama berlangsungnya proses penjaringan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News