Sayap Belakang Mercedes GP Legal

Sayap Belakang Mercedes GP Legal
Sayap Belakang Mercedes GP Legal
Mercedes GP punya tambahan motivasi sebelum melakoni balapan perdana musim 2012. Konsep sayap belakang yang dikembangkan di uji coba musim dingin mendapatkan lampu hijau dari FIA.

   

Keraguan sempat muncul seiring dengan konsep F-duct pada satap belakang Mercedes W03. Beberapa tim rival menuduh sistem aerodinamis tersebut diaktifkan dengan membuka ventilasi saat elemen sayap bergerak ketika DRS diaktifkan. Berdasar regulasi FIA, komponen yang diaktifkan dengan gerakan pembalap memang dilarang.

   

Namun, dalam sistem yang dikembangkan oleh Mercedes GP, pembalap tak secara langsung mengaktifkan F-duct.  Kepala departemen teknis FIA Charlie Whiting menganggap tidak ada yang ilegal di sayap W03.

   

"Saya tegaskan lagi, bahwa F-Duct itu tidak dilarang. Pelarangannya berlaku jika pembalap atau komponen lain seperti suspensi bisa melakukan aktivasi aliran udara dari depan hingga ke sayap belakang. Tapi di Mercedes W08 tidak ada sistem aktivasi dari suspensi atau pun pergerakan pembalap untuk melakukan aktivasi F-duct," ujar Whiting.

   

Mercedes GP punya tambahan motivasi sebelum melakoni balapan perdana musim 2012. Konsep sayap belakang yang dikembangkan di uji coba musim dingin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News