Sayur Kendal Tingkatkan Literasi Anak Lewat Sayembara Menulis Cerpen

Sayur Kendal Tingkatkan Literasi Anak Lewat Sayembara Menulis Cerpen
Seorang storyteller Pradika Gusti Aryabie atau biasa disapa kak Dika. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Sayur Kendal meningkatkan literasi anak dengan menyelenggarakan sayembara menulis cerita pendek (cerpen) tentang anak bertajuk ‘Kisah Bumi’.

Sayur Kendal juga bekerja sama dengan Nara Kupu Village atau NKV adalah tempat wisata, yang menjadi lahan pengembangan dan pelestarian budi daya tanaman tertentu, penginapan atau eduwisata yang memberikan pengalaman berkesan bagi masyarakat.

Pradika Gusti Aryabie atau biasa disapa Kak Dika seorang storyteller menyebut Sayur Kendal sangat konsen terhadap lingkungan. Hal ini yang menjadi alasan mengadakan lomba menulis cerpen Kisah Bumi yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta.

Untuk meningkatkan literasi pada anak melalui storytelling yaitu kegiatan bercerita suatu kisah meliputi penggambaran tokoh, penjabaran alur cerita, dan penyempaian yang bisa dihayati pendengar.

Melansir dari laman wallstreetenglish.co.id, storytelling selalu didukung oleh media lain. Di antaranya penulis dengan pena dan kertasnya. Pelukis dengan cat dan kanvas, dan pencerita dengan suara, gestur, dan ekspresi.

Pencerita atau story teller, biasa menggunakan boneka dan properti kecil lainnya untuk memeragakan kejadian. Namun, di zaman sekarang boneka dan properti bisa diganti dengan animasi agar cerita tetap bisa dilihat.

“Tak hanya didengar, ya, memanfaatkan konten audio visual,” ujar Kak Dika.

Kak Dika menuturkan konten audio visual ini dimanfaatkan oleh Sayur Kendal. Sayur Kendal sendiri adalah penyedia bahan pangan terbaik untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat.

Sayur Kendal meningkatkan literasi anak dengan menyelenggarakan sayembara menulis cerita pendek (cerpen) tentang anak bertajuk ‘Kisah Bumi’.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News