SBY Diberi Gelar Patuan Sorimangaraja

SBY Diberi Gelar Patuan Sorimangaraja
KEBESARAN BATAK: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima gelar kehormatan saat meresmikan (grand opening) Museum Batak TB Silalahi Center, di kawasan Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa (18/1). Foto: DUDI ANUNG / RUMGAPRES
BALIGE-Setelah sempat menuai kontroversi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya tiba di Desa Pagar Batu, Kec. Balige, Tobasamosir, Senin (18/1) sekira pukul 10.00. SBY meresmikan Museum Batak dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan I di Desa Ambar Halim, serta Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi di Desa Simangkuk.

SBY bersama ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan take off dari Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta sekira pukul 08.00 WIB, dan tiba di Bandara Silangit sekira pukul 10.00 WIB. Lalu rombongan SBY ziarah singkat di makam pahlawan nasional Sisingamangara, kemudian berjalan ke Dojo di kompleks TB Silalahi Center (TBSC) yang jaraknya berkisar 50 meter untuk istirahat sejenak, sebelum meresmikan Museum Batak yang jaraknya hanya beberapa meter.

Dalam sambutannya, SBY menyarankan, Museum Batak yang pendiriannya digagas Letjen (Purn) TB Silalahi diyakini mampu menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Begitupun, untuk lebih bisa menarik minat wisatawan, SBY menyarankan agar dibangun film studio animasi dengan tampilan tiga dimensi. “Jadi siapapun yang menyaksikan tayangan itu mudah-mudahan menjadi pintu gerbang sebelum keliling menikmati keindahan Danau Toba,” kata SBY.

SBY berharap, Museum Batak menjadi replika peradaban suku Batak dan pusat dokumentasi masa silam. “Tapi Museum Batak ini harus diperkuat dengan informasi dan koleksi yang lebih banyak lagi,” katanya. SBY juga mengatakan, Danau Toba akan bisa berkembang manakala infrastruktur jalan menuju kawasan Danau Toba lebih ditingkatkan, terutama Bandara Silangit. “Sehingga wisatawan dari luar negeri bisa lebih leluasa berkunjung ke Danau Toba. Selain itu, infrastruktur kelistrikan juga harus ditingkatkan untuk menghidupkan seluruh kawasan di Danau Toba,” kata SBY.

BALIGE-Setelah sempat menuai kontroversi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya tiba di Desa Pagar Batu, Kec. Balige, Tobasamosir, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News