JPNN.com

SBY Diharapkan Hadir di COP Kopenhagen

Sabtu, 21 November 2009 – 20:45 WIB
SBY Diharapkan Hadir di COP Kopenhagen - JPNN.com
SBY Diharapkan Hadir di COP Kopenhagen
JAKARTA - Pemerintah Denmark sangat mengharapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dapat menghadiri Konferensi PBB mengenai perubahan iklim, atau dikenal juga dengan COP (Conference of The Parties) 15, di Kopenhagen, Desember mendatang. Menteri Lingkungan Hidup (LH) Gusti Muhammad Hatta mengatakan, kehadiran SBY itu nantinya diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan seperti yang terjadi saat Konferensi ke-13 di Nusa Dua, Bali, dua tahun lalu.

"Tuan rumah mengharapkan peristiwa seperti itu terulang lagi, karena banyak pihak yang pesimis dan merasa bahwa konferensi di Kopenhagen itu akan terjadi deadlock," ujar Gusti M Hatta, di Hotel Borobudur, Jumat (20/11) malam.

Permintaan kedatangan SBY itu juga dikatakan diharapkan oleh beberapa menteri luar negeri dari beberapa negara. "Keinginan Presiden untuk mengurangi emisi di dunia memang besar, sampai membentuk dewan nasional perubahan iklim di Indonesia," ungkap Hatta pula.

Dikatakan Gusti M Hatta, SBY sendiri sebenarnya juga mengharapkan adanya sebuah hasil kesepakatan dalam konferensi itu. Sebagai sasaran minimal, Indonesia menargetkan bisa melobi Cina agar mau berkomitmen mengurangi emisi, sehingga bisa 'mempermalukan' negara-negara besar lain, sekaligus menciptakan komitmen bersama.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito