SBY Janjikan Hasil KTT ASEAN Konkret

SBY Janjikan Hasil KTT ASEAN Konkret
SBY Janjikan Hasil KTT ASEAN Konkret
NUSADUA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjanjikan hasil KTT ASEAN dan KTT Asia Timur di Bali akan lebih konkret dibandingkan hasil pertemuan KTT G-20 di Cannes, Prancis, maupun KTT APEC di Honolulu, Hawai, Amerika Serikat. Selain pengesahan Piagam Asean yang baru, sejumlah masalah yang telah dibahas di KTT G-20 dan KTT APEC juga akan dibahas dalam tataran teknis, sehingga lebih implementatif.

Penegasan tersebut disampaikan SBY dalam keterangan pers di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali, tadi malam (16/11). SBY menuturkan, sembilan dari 21 kepala negara peserta KTT Asia Timur telah mengikuti KTT G-20, sementara delapan peserta KTT APEC juga akan menghadiri KTT Asia Timur yang akan dihadiri 21 negara.

"Hasilnya akan sangat berarti bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dunia, karena 18 negara peserta KTT Asia Timur meliputi 3 miliar penduduk dengan produk domestik bruto lebih dari USD 30 miliar," katanya.

Tiga isu utama yang dibahas dalam KTT G-20 adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi, pasar finansial yang tidak stabil, dan ketidakseimbangan perekonomian dunia. Sementara, sejumlah masalah yang dibahas di KTT APEC, antara lain, hambatan tarif, perekonomian ramah lingkungan, penghapusan subsidi bahan bakar minyak, dan penguatan perdagangan dan investasi di kawasan Asia Pasifik melalui Trans Pacifik Partnerships.

NUSADUA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjanjikan hasil KTT ASEAN dan KTT Asia Timur di Bali akan lebih konkret dibandingkan hasil pertemuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News