SBY: Mau Tak Mau Harga BBM Naik

Imbas Perkembangan Global, Percepat APBN-P

SBY: Mau Tak Mau Harga BBM Naik
SBY: Mau Tak Mau Harga BBM Naik
JAKARTA - Pemerintah sepertinya sulit untuk menghindari kebijakan tidak populis: menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kondisi perekonomian global, termasuk melonjaknya harga minyak dunia menjadi alasan bakal naiknya harga BBM.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, perkembangan terkini tersebut membuat pemerintah melakukan langkah penyesuaian. "Harga BBM mau tidak mau tentu mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat," kata SBY dalam pengantar sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Rabu (22/2).

SBY menjelaskan, asumsi yang ada dalam APBN 2012 perlu disesuaikan seiring dengan kecenderungan naiknya harga minyak dunia. Saat ini, harganya menyentuh USD 115 per barel. "Tidak mungkin lagi kita mematok harga USD 90 per barel," katanya.

Penyesuaian juga dilakukan terhadap komponen pertumbuhan. SBY mengungkapkan, banyak negara sudah merevisi target pertumbuhan lebih rendah dari yang ditetapkan semula.

JAKARTA - Pemerintah sepertinya sulit untuk menghindari kebijakan tidak populis: menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kondisi perekonomian global,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News