SBY Minta Mentan Tangani Petani Korban Sinabung

SBY Minta Mentan Tangani Petani Korban Sinabung
Lahan pertanian yang rusak akibat abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Desa Sigarang garang, karo, Sabtu (11/1). ANDRI GINTING/SUMUT POS/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Bencana letusan Gunung Sinabung mengakibatkan banyak lahan pertanian warga di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara rusak berat. Oleh karena itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Menteri Pertanian Suswono untuk mencarikan solusi bagi para petani yang terkena dampak letusan tersebut.

"Banyak saya dapat laporan lewat sms dan media sosial, karena pasti itu benar. Karena mereka yang rasakan, mereka yang sekian bulan mengungsi, mereka yang mengalami kerugian besar, dari cocok tanam yang mereka kerjakan. Utamanya apa Pak Suswono, biar pertanian mereka itu terbantu biasanya apa yang dilakukan di Kabanjahe," ujar Presiden saat rapat kabinet terbatas di kantornya, kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (21/1).

Presiden meminta Kementan dan kementerian terkait lainnya memperkirakan anggaran yang dibutuhkan warga yang terkena bencana di sejumlah wilayah agar dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan. Dalam hal ini, Presiden juga mengapresiasi jajaran TNI yang juga telah membantu penanganan bencana bersama BNPB.

"Saya sudah bicara dengan Menkeu kira-kira anggaran seperti apa yang bs kita gunakan, secara hukum dibenarkan tetapi memang kita perlukan untuk membantu saudara-saudara kita. Utamanya mata pencaharian penduduk yang sangat terganggu. Yang mengait pada pinjaman mereka. Oleh karena itu harus ada solusi yang tepat," tandas Presiden. (flo/jpnn)

 


JAKARTA - Bencana letusan Gunung Sinabung mengakibatkan banyak lahan pertanian warga di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara rusak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News