SBY Perlu Belajar Gaya Diplomasi Gus Dur

SBY Perlu Belajar Gaya Diplomasi Gus Dur
BUKU - Penulis buku "41 Warisan Kebesaran Gus Dur", M. Hanif Dhakiri (kiri) dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar (kanan), saat memaparkan bukunya, Rabu (1/9) di Jakarta. Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos.
JAKARTA - Sosok almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tetap berkesan bagi banyak pihak. Tidak terkecuali tokoh-tokoh politik di PKB yang sempat berseberangan secara politik dengan Presiden ke-4 RI itu. Mereka ikut berlomba-lomba mengenang kepergian Gus Dur dengan menulis buku.

Rabu (1/9) kemarin, Wasekjen DPP PKB Hanif Dhakiri menyusul meluncurkan buku berjudul "41 Warisan Kebesaran Gus Dur". Dalam buku setebal 204 halaman itu, terpapar puja-puji terkait dengan sejumlah kebijakan maupun sumbangsih pemikiran Gus Dur semasa hidup.

"Bahkan, kalau mau, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga seharusnya belajar cara diplomasi antarnegara kepada Gus Dur," ujar Hanif Dhakiri, saat peluncuran bukunya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin (1/9). Menurut dia, diplomasi ala Gus Dur terbukti telah banyak menyelesaikan persoalan antarnegara.

Gus Dur, menurut Hanif, cenderung tidak menggunakan prosedural birokrasi. Diplomasi ala Gus Dur punya kecenderungan untuk menerobos sekat-sekat aturan formal. "Bayangkan, jika Gus Dur masih ada sekarang, beliau akan menerapkan diplomasi kepada Malaysia dengan gaya tegas, namun tidak sampai akan terjadi perang," imbuh Sekretaris Fraksi PKB tersebut.

JAKARTA - Sosok almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tetap berkesan bagi banyak pihak. Tidak terkecuali tokoh-tokoh politik di PKB yang sempat berseberangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News