SBY Tak Berpihak pada Buruh Migran

SBY Tak Berpihak pada Buruh Migran
SBY Tak Berpihak pada Buruh Migran
JAKARTA -  Kondisi buruh migran di Indonesia sepertinya memang masih memprihatinkan. Dari data ini dihimpun dari The Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination against Women (CEDAW), Migrant Care dan Komnas Perempuan, setiap harinya 12 perempuan buruh migran meninggal di tempat kerja, 1600 buruh perempuan di PHK, serta 20 perempuan diperdagangkan.

Kenyataan ini dikupas dalam diskusi 'Seabad Perlawanan Perempuan Internasional, Rezim SBY dan DPR Gagal'  Jumat (5/3), di Jakarta. Ruth Indiah Rahayu dari Barisan Perempuan Indonesia, mengungkapkan fakta yang selama ini diabaikan pemerintahan SBY.

"Seharinya 100 juta ibu rumah tangga berutang Rp30 ribu per hari untuk biaya konsumsi rumah tangga. Lalu 12 perempuan lainnya jadi korban kekerasan seksual dan 48 ibu meninggal karena melahirkan," paparnya.

Menurutnya, krisis ekonomi-politik yang mendera Indonesia sejak 1997, pada dasarnya belum dijawab dengasn kemauan politik untuk lebih berpihak pada kondisi kritis kaum perempuan. Beban krisis ekonomi-politik yang ditanggung perempuan sebagai penyangga tiang reproduksi sosial telah menciptakan kondisi perempuan di Indonesia saat ini berada dalam titik yang kritis.

JAKARTA -  Kondisi buruh migran di Indonesia sepertinya memang masih memprihatinkan. Dari data ini dihimpun dari The Convention on the Elimination

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News