SBY: Twitter-Facebook Tantangan Demokrasi

SBY: Twitter-Facebook Tantangan Demokrasi
SBY: Twitter-Facebook Tantangan Demokrasi
NUSA DUA - Perkembangan demokrasi di abad 21 bakal mendapat tantangan baru. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut, fenomena maraknya sosial media menjadi salah satu senjata masyarakat melakukan partisipasinya dalam demokrasi.

SBY mencontohkan Arab Spring atau transisi politik yang terjadi di sejumlah negara di kawasan Timur Tengah. "Transisi Arab Spring merepresentasikan kekuatan warga negara yang menghasilkan perubahan yang dipersenjatai dengan facebook, twitter, dan smart phones," kata SBY dalam pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) IV di Bali International Convention Center (BICC), kemarin (8/12).

Sosial media semacam itu, kata dia, menjadi tantangan tersendiri dalam demokrasi. "Ini akan menjadi tantangan intelektual dan praktis yang paling penting bagi demokrasi abad 21," tutur SBY.

Menurut SBY, ada banyak alat-alat baru yang memungkinkan mengetahui atau menyerap aspirasi rakyat. "Fenomena media sosial berarti aspirasi rakyat lebih kuat dari sebelumnya," sambungnya.

NUSA DUA - Perkembangan demokrasi di abad 21 bakal mendapat tantangan baru. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut, fenomena maraknya sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News