Schindler's List Ditemukan di Sydney

Schindler's List Ditemukan di Sydney
Schindler's List Ditemukan di Sydney
SYDNEY - Sebanyak 13 lembar kertas yang menjadi sumber di balik pembuatan novel dan film Schindler's List ditemukan. Kertas-kertas berisi 801 nama keturunan Yahudi yang diselamatkan Oskar Schindler dari pembantaian Nazi itu ditemukan seorang petugas Perpustakaan Kota Sydney.

Sebagaimana dilansir Daily Telegraph, petugas yang tak disebutkan namanya tersebut menemukan kertas bersejarah itu di sebuah kotak milik mendiang penulis Thomas Keneally. Kertas tersebut dan beberapa material lainnya yang ada di kotak itu menjadi modal bagi Keneally menulis novel Schindler's Ark. Novel tersebut kemudian diangkat sutradara Steven Spielberg menjadi film Schindler's List. Dibintangi Liam Neeson sebagai Oskar Schindler, Schindler's List terpilih sebagai film terbaik Academy Award 2004.

''Daftar itu ditulis secara tergesa-gesa pada 18 April 1945, di hari-hari terakhir Perang Dunia II. Daftar tersebut menyelamatkan 801 orang dari kematian di kamar gas,'' kata Olwen Pryke, kurator perpustakaan.

Menurut Pryke, daftar 13 lembar yang merupakan versi kopian dari aslinya itu merupakan salah satu dokumen terpenting di sepanjang abad ke-20. Pryke-lah yang membeli kotak berisi daftar tersebut dari seorang pedagang buku pada 1996. Tapi, dia sama sekali tak menyangka di dalam kotak yang juga berisi beberapa catatan riset dan kliping majalah Jerman itu terdapat daftar yang penuh cerita kemanusiaan.

SYDNEY - Sebanyak 13 lembar kertas yang menjadi sumber di balik pembuatan novel dan film Schindler's List ditemukan. Kertas-kertas berisi 801 nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News