SDM Pariwisata Laris di Luar

SDM Pariwisata Laris di Luar
SDM Pariwisata Laris di Luar
JAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta bisa dibilang tidak kalah dengan luar negeri. Betapa tidak, order atau permintaan SDM pariwisata dari luar negeri tidak pernah sepi. Bahkan terus bertambah setiap tahun. Ini karena SDM pariwisata Indonesia memiliki kualifikasi internasional.

”SDM pariwisata kita memang sangat bagus. Selama beberapa tahun, kita sudah mengirimkan SDM ke Oman. Setiap tahunnya kita mengirimkan 80 sampai 100 mahasiswa untuk melakukan program magang,” ujar Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Djoko Sudibyo PhD usai Dies Natalies ke-41 kemarin.

Sebenarnya, lanjut dia, pihaknya merasa kekurangan untuk memenuhi kuota atau kebutuhan SDM pariwisata ke luar negeri. Nah untuk mengatasi kondisi itu, STP Trisakti terpaksa mengambil SDM dari sekolah atau lembaga lain.

’’Untuk ke Oman kita mengambil sekitar 10--20 orang dari Untag dan Sekolah Pariwisata Cirebon. Sebelum dikirim, mereka menjalani pendidikan di tempat kita untuk menyesuaian,” jelas alumnus program doktor di Malaysia itu.

JAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta bisa dibilang tidak kalah dengan luar negeri. Betapa tidak,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News