Sebanyak 52 Persen Masyarakat Mendukung RUU Cipta Kerja Segera Disahkan

Sebanyak 52 Persen Masyarakat Mendukung RUU Cipta Kerja Segera Disahkan
Ilustrasi RUU Cipta Kerja membuka lapangan kerja bagi milenial. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas masyarakat rupanya mendukung Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) untuk segera disahkan.

Hal itu berdasarkan hasil survei nasional Saiful Mujani Research Center (SMRC) menyebutkan 52 persen masyarakat menyatakan setuju.

“Dari masyarakat yang tahu atau pernah mendengar, ada 52 persen yang mendukung pengesahan RUU Cipta Kerja, dan yang tidak sekitar 37 persen,” ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat memaparkan hasil survei opini publik nasional dengan tema sikap publik terhadap RUU Cipta Kerja, Selasa (14/7).

Sementara, sbesar 26 persen masyarakat mengakui tahu atau pernah mendengar RUU Cipta Kerja.

Deni menilai dukungan publik terhadap RUU Cipta Kerja ini didasari kondisi ekonomi Indonesia yang semakin memburuk selama masa pandemi.

“71% mayoritas warga merasa kondisi ekonomi rumah tangganya sekarang lebih buruk atau jauh lebih buruk dibanding sebelum ada wabah covid-19. Kemudian 81% mayoritas warga menilai kondisi ekonomi nasional sekarang lebih buruk,” ucap Deni.

Deni mengatakan kondisi ekonomi yang memburuk ini diperparah dengan adanya peningkatan jumlah PHK dan pengangguran.

Hampir semua masyarakat menilai adanya peningkatan jumlah PHK dan pengangguran dibanding tahun lalu.

Dukungan publik terhadap RUU Cipta Kerja ini didasari oleh kondisi ekonomi Indonesia yang semakin memburuk selama masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News