Sebegini Bantuan Kemanusiaan yang Dikirim Indonesia ke Turki dan Suriah

Sebegini Bantuan Kemanusiaan yang Dikirim Indonesia ke Turki dan Suriah
Presiden Jokowi saat melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (22/2). Foto: dok. BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali mengirim bantuan kemanusiaan tahap ketiga untuk meringankan beban warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi M 7.8 pada 6 Februari 2023 lalu.

Bantuan tahap ketiga itu dilepas secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menlu Retno Marsudi, hingga Menhan Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (22/2).

Presiden Jokowi menyampaikan bantuan berupa bahan makanan dan logistik dengan total 140 ton itu adalah bentuk diplomasi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian dari seluruh rakyat Indonesia terhadap pemerintah Turki dan Suriah.

"Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," ucapnya.

Dukungan bantuan Indonesia untuk Turki dan Suriah tahap ketiga ini melengkapi bantuan yang telah dikirim sebelumnya.

"Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan plus pesawat hercules yang sangat membantu pada awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang terjadi di Turki maupun Suriah,” tutur Jokowi.

Presiden ketujuh RI itu berharap dengan dukungan bantuan yang dikirimkan tersebut nantinya dapat meringankan beban bagi warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi.

Seluruh bantuan itu diangkut menggunakan empat pesawat berbadan lebar milik maskapai Garuda Indonesia jenis Airbus A330-300. Dua pesawat akan terbang ke Turki? dan dua lainnya langsung ke Suriah.

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan tahap tiga sebanyak 140 ton untuk korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah menggunakan empat pesawat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News