Sebentar Lagi Rekrutmen CPNS 2018, Honorer K2 Bagaimana?

Sebentar Lagi Rekrutmen CPNS 2018, Honorer K2 Bagaimana?
Seorang honorer K2 menangis saat aksi unjuk rasa menuntut diangkat jadi CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Forum Komunikasi Honorer K2 Indonesia Eko Mardiono, mengatakan saat ini masih ada sekitar 2.200 pegawai honorer di Surabaya yang belum jelas nasibnya untuk bisa diangkat menjadi CPNS.

Tentunya kondisi tersebut membuat ribuan K2 harap-harap cemas karena sebentar lagi pemerintah pusat akan akan membuka rekrutmen CPNS 2018.

Sedangkan Undang-undang ASN hanya memungkinkan K2 yang berusia di bawah 35 tahun yang bisa ikut seleksi calon CPNS.

"Kami terus mendesak pemerintah untuk memperhatikan nasib K2 agar bisa diterima sebagai ASN," kata Eko, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Di lain kesempatan, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya, Mia Santi Dewi mengakui bahwa kondisi pemkot memang kekurangan ASN. Sejak adanya moratorium tiga tahun lalu, tercatat membutuhkan 1.917 pegawai negeri.

“Ini karena banyak ASN yang pensiun. Sedangkan penggantinya tidak karena belum ada rekrutmen ASN yang baru,” sebut Mia.

Dengan rencana pemerintah membuka rekrutmen ASN, pemkot mengajukan kuota 513 orang. Hanya saja sampai sekarang pengajuan itu belum ada jawaban.

Terkait nasib K2, Mia mengatakan hingga kini pihaknya belum ada kabar dari pemerintah pusat apakah ada jalur khusus untuk K2. “Sekarang ini masih ada sekitar 2.000 K2 di Pemkot Surabaya,” tandas Mia. (bae/nug)


Para honorer K2 usia di bawah 35 tahun yang bisa mengikuti seleksi CPNS 2018, sedang yang usia di atas 35 tahun tak boleh ikut tes CPNS.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News