Sebuah Kisah yang Indonesia Tak Ingin Dunia Tahu

Sebuah Kisah yang Indonesia Tak Ingin Dunia Tahu
Ronny Kareni menghiasi wajahnya dengan warna-warni bendera Bintang Kejora, simbol gerakan Papua Merdeka. (Foreign Correspondent: Greg Nelson ACS)

Penduduk salah satu desa di dataran tinggi Papua, di wilayah Indonesia paling timur, kini kembali ke kampungnya dan menemukan puing-puing rumah mereka yang hangus terbakar.

Seorang perempuan tampak terpuruk sedih di rerumputan, ketika sejumlah pria menggali lubang untuk mencari mayat orang-orang yang tak bisa menyelamatkan diri dari pertumpahan darah.

Udara terasa sesak dipenuhi suara tangis yang pilu.

Sebuah Kisah yang Indonesia Tak Ingin Dunia Tahu Video: Tonton warga yang kembali ke kampung-kampung mereka yang telah terbakar. (ABC News)

 

Saksi mata yang berhasil melarikan diri dari serangan itu mengaku melihat bom dijatuhkan dari helikopter-helikopter pasukan keamanan Indonesia.

Inilah situasi setelah perang rahasia yang terjadi hanya beberapa ratus kilometer di utara benua Australia, terekam dalam video yang diperoleh program Foreign Correspondent dari ABC News.

Sejak akhir 2018, separatis Papua Barat telah terlibat dalam eskalasi pertempuran mematikan dengan pasukan keamanan Indonesia ketika mereka melancarkan kembali upaya merebut kemerdekaan yang sudah berlangsung beberapa dekade.

Sebuah Kisah yang Indonesia Tak Ingin Dunia Tahu Photo: Kelompok separatis bersenjata di dataran tinggi Papua. (Supplied)

 

Penduduk salah satu desa di dataran tinggi Papua, di wilayah Indonesia paling timur, kini kembali ke kampungnya dan menemukan puing-puing rumah mereka yang hangus terbakar

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News