Sebulan, Tiga Napi Abepura Meninggal

Sebulan, Tiga Napi Abepura Meninggal
Sebulan, Tiga Napi Abepura Meninggal
JAYAPURA- Di awal tahun 2010 ini, sudah tiga narapidana  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura meninggal dunia. Ketiganya meninggal dikarenakan sakit. Kali ini, giliran Samuel Koco, 30 tahun, meninggal dunia setelah sebelumnya sempat dirawat di RSUD Abepura. Sebelumnya dua napi juga menemui ajalnya di Lapas yang sama, masing-masing Yoris Kambey dan Amos Koyoku. "Menurut keterangan dokter, Samuel meninggal karena mengalami infeksi usus," kata Kepala Lapas Abepura Anthonyus M Ayorba kepada wartawan Cenderawasih Pos.

Menurut Anthonyus, sebelum meninggal Samuel Koco memang mengidap banyak penyakit. "Ia memang sakit-sakitan, dan keluar masuk rumah sakit," katanya. Sejauh ini, pihak Lapas memang tidak banyak memberikan keterangan seputar kematian tiga Napi dalam kurun waktu sebulan terakhir.

Terkait meninggalnya narapidana ini, para narapidana politik dan tahanan politik (Napol/Tapol) yang tergabung dalam Independen Human Rights Activis of West Papua (IHRAWP)  yang ada di Lapas Abepura mendesak agar pihak Lapas memperhatikan masalah kesehatan warga Lapas.

Seorang Narapidana Politik, Buchtar Tabuni saat jumpa pers di Lapas Abepura, Kamis (21/1) mengatakan, warga Lapas sangat berduka atas meninggalnya 3 warga yang penyebabnya karena sakit."Saat para narapidana sakit memang sudah tersedia tempat seperti poliklinik dengan memiliki 7 ruangan, tetapi ketujuh ruangan tersebut tidak ada fasilitas yang mendukung," ujarnya.

 

JAYAPURA- Di awal tahun 2010 ini, sudah tiga narapidana  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura meninggal dunia. Ketiganya meninggal dikarenakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News