Sebut Harga Kopi Kian Pahit, Sandi Tawarkan Ok Oce Lagi

Sebut Harga Kopi Kian Pahit, Sandi Tawarkan Ok Oce Lagi
Sandiaga S Uno. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, TEMANGGUNG - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno menerima keluh kesah petani saat mengunjungi Dusun Malebo Barat, RT 01/03, Desa Malebo, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (1/12). Seorang petani kopi bernama Winarto yang bertemu Sandi mengeluhkan sulitnya pupuk dan ulah tengkulak.  

"Pertama masalah pengadaan pupuk, di sini sistemnya rayon, kelompok. Belinya harus di kelompok dan belum pasti ada. Kalau pindah ke penjual lagi enggak bisa. Harapannya, kartu tani bisa dimanfaatkan di toko lain, pak," ujar Winarto. 

Hal senada disampaikan Siti, pengurus kelompok petani kopi Desa Malebo. Dia mengeluhkan pasokan pupuk yang langka.

Sedangkan koperasi yang semula didirikan untuk menyuplai kebutuhan pupuk petani justru tutup. Akibatnya, petani kembali membeli pupuk kepada tengkulak.

"Kami sudah bentuk koperasi simpan pinjam, tapi ketika mau beli pupuk, persediaan pupuk kosong, jadi koperasi tutup total. Petani kembali lagi beli ke tengkulak," ucapnya. 

Mendengar keluhan itu, Sandi menyesalkannya. Menurutnya, pemerintah harus membantu petani, bukan hanya dalam hal ketersediaan pupuk, tapi juga meliputi penyertaan modal usaha menjaga harga jual panenan.

"Harga kopi saya bilang rasanya pahit seperti rasa kopinya, karena mestinya harga kopi itu di pasar Rp 24 ribu sampai Rp 28 ribu/kg. Kalau di Jakarta sudah sepuluh kali lipat. Jadi di tingkat petani jangan pahit, harus ada manis-manisnya. Jangan pahit kayak jamu brotowali," kata Sandi. 

Mantan wakil gubernur DKI itu mengaku memiliki strategi dan solusi bagi petani. Langkah pertama adalah pelatihan dan pendampingan dalam mengolah kopi hasil panen sehingga kualitasnya baik dan petani diuntungkan.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno menemui para petani kopi di Desa Malebo, Kecamatan Kandangan, Temanggung Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News