Sebut Jokowi-JK tak Layak Dipertahankan

Sebut Jokowi-JK tak Layak Dipertahankan
Presiden Joko Widodo. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Berbagai kalangan terus memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan banyak kelompok membentuk organ-organ yang merespon kinerja pemerintah. Banyak di antara mereka kecewa dengan pemerintahan Jokow-JK. 

Misalnya Aliansi Tarik Mandat (ATM) misalnya. Sejak satu tahun belakangan ini konsisten menggaungkan Tarik Mandat Jokowi-JK. Organ taktis ini diinisiasi oleh IMM, GPII, Himmah Alwashliyah, dan Himmah Persis. Ada juga Solidaritas Nasional Pembebasan Indonesisa (SNPI) yang digagas oleh PMKRI, LMND dan IMM. 

Selain itu Lingkar Studi Ciputat (LSC) yang digagas oleh lintas generasi alumni UIN Ciputat, Aliansi Indonesia Bersatu, Aliansi Mahasiswa Kalimantan Menggugat, Barisan Mahasiswa Oposisi Nasional dan lain-lain.

“Forum-forum diskusi juga marak diselenggarakan aktivis dari berbagai kalangan. Sebuat saja Forum Aktivis Lintas Generasi yang melahirkan Petisi Keprihatinan Rakyat terhadap pemerintahan Jokowi-JK,” kata Ketua DPP IMM Beni Pramula.

Menurut Beni, forum-forum tersebut memiliki agenda rutin dan sangat masif dalam melakukan kajian-kajian serta agenda-agenda aksi dalam merespon persoalan bangsa. “Organ dan forum-forum tersebut menilai pemerintahan Jokowi-JK tidak lagi layak untuk dipertahankan yang itu berarti sama halnya menuntut pergantian kepemimpinan nasional atau dalam arti mereka menginginkan Jokowi-JK untuk lengser dari jabatannya,” kata dia.

Dia melanjutkan, didirikannya organ-organ taktis itu menandakan bahwa kegelisahan rakyat semakin meluas. Padahal harapan rakyat Indonesia begitu besar pada pemerintah Jokowi. “Dalam setahun ini rakyat Indonesia harus mengubur harapan tersebut. Semangat Pancasila tak lagi menjadi spirit, Trisakti sekedar retorika politik semata, Nawacita jadi dukacita. Kedaulatan semakin jauh dari kenyataan,” kata dia.

Salah satunya adalah di bidang ekonomi. Di bawah pemerintahan Jokowi-JK, sistem ekonomi malah semakin liberal. Menurutnya, pemerintah telah membuka keran liberalisasi disemua sektor. BBM disesuaikan dengan harga pasar, membuka keran investasi seluas-luasnya ditunjang dengan paket deregulasi yang cenderung menjual  daripada mengungtungkan negara.

Beni juga mengatakan setahun memimpin, politik makin gaduh, leadership lemah, Indonesia di era Jokowi, layaknya republik multipilot. Jokowi tak bisa melepaskan diri dari kepentingan elit politik dan para pemilik modal besar di belakangnya.

JAKARTA - Berbagai kalangan terus memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan banyak kelompok membentuk organ-organ yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News