Sedan Tumbuh Didukung Taksi

Sedan Tumbuh Didukung Taksi
All New Corolla Altis

jpnn.com - SURABAYA - Pasar sedan tanah air terus tergerus dengan MPV, SUV dan hatchback. Meskipun demikian, dua tahun terakhir pelaku industri masih optimistis dengan sedan. Ini seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi.

Chief Marketing Auto2000, distributor utama Toyota, Henry Tanoto menyebut faktor infrastruktur jalan membuat sedan tergerus. Tapi, seiring pertumbuhan ekonomi, kondisi jalan di kota-kota besar sudah membaik.

"Selain itu, jumlah eksekutif muda bertambah banyak. Mereka adalah konsumen sedan, sehingga pasarnya masih potensi," tuturnya di sela peluncuran All New Corolla Altis di Surabaya, kemarin.

Operation Manager Auto 2000 Jatim Plus Joen Boediputra mengatakan pada tahun ini pasar sedan bakal bertambah 15 sampai 18 persen. Menurut dia selain pelanggan retail, kebutuhan taksi juga mendongkrak penjualan. Dia mencontohkan pada tahun ini bakal beroperasi Terminal II Bandara Juanda di Sidoarjo dan Jakarta, Bandara Halim Perdanakusuma melayani rute komersial.
"Ini tentu berdampak dengan kebutuhan sedan untuk taksi," tuturnya.

Kontribusi sedan sendiri masih kecil dibanding total pasar semua tipe yakni, berkisar di bawah 10 persen. Merujuk data polisi regestrasi, penjualan mobil di Jatim sampai Nopember 2013 berkisar 116 ribu. Jumlah itu naik 21 persen banding tahun sebelumnya. Pertumbuhan Jatim melebihi nasional yang hanya 11 persen.

"Melihat kondisi ekonomi Jatim yang terus tumbuh di atas rata-rata nasional. Kami optimistis penjualan mobil bakal naik 15 persen tahun ini. Meskipun, banyak pakar yang menyebut 2014 yang merupakan tahun politik bakal menurunkan ekonomi," papar Joen.

Khusus All New Corolla Altis, Auto 2000 menargetkan penjualan sebanyak 190 sampai 200 unit di Jatim. Tahun lalu, sales membukukan sekitar 120 mobil. Di seluruh Indonesia, sedan baru ini ditargetkan terjual sebanyak 2ribu unit per tahun.

Joen menambahkan, pasar small sedan di Jatim tahun ini diperkirakan bisa mencapai 380-400 unit. Dari jumlah tersebut, separuhnya ditargetkan diisi oleh All New Corolla Altis. "Generasi ke 11 ini menyasar market eksekutif serta keluarga mapan melalui konsep interior dan exterior yang baru," katanya. (dio)


Berita Selanjutnya:
Soetta Tiru Bandara London

SURABAYA - Pasar sedan tanah air terus tergerus dengan MPV, SUV dan hatchback. Meskipun demikian, dua tahun terakhir pelaku industri masih optimistis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News