Telkom Optimistis Kuasai Industri Telekomunikasi

Telkom Optimistis Kuasai Industri Telekomunikasi
Telkom. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimistis mampu menaklukkan kejenuhan industri telekomunikasi tanah air dan bergejolaknya kondisi makro ekonomi dengan merapatkan barisan bersama seluruh anak usaha serta menjalankan strategi usaha yang tepat.

“Kami berhasil mengalami pertumbuhan yang positif selama 2013 dan memimpin industri. Angka-angkanya sedang dihitung, tetapi dalam perkiraan, kita kembali  memimpin pertumbuhan industri seperti 2012 lalu,” ungkap VP Public Relations Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Jumat (10/1).

Diungkapkannya, strategi yang disiapkan untuk terus tumbuh selama 2014 adalah menjalankan tiga fokus utama yakni  menjaga pertumbuhan Telkomsel, mengembangkan Indonesia Digital Network  (IDN), dan Internasional Expansion.

“Telkomsel terus kami jaga pertumbuhannya karena 60 sampai 70 persen  pendapatan dan profit ada di situ, karena itu menjadi fokus utama. Hal itu terlihat dari belanja modal Telkom yang sekitar  2 miliar dollar AS tahun ini sekitar  50%-60%  untuk Telkomsel. Direksi Telkomsel pun dalam keadaan solid, speed, dan smart menjalankan tugas-tugasnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, salah satu strategi menjaga Telkomsel tetap kompetitif adalah meningkatkan kontribusi layanan data yang masih sekitar 15-20 persen tahun ini menjadi lebih dari 50 persen pada 2018.

“Per kuartal ketiga 2013, Telkomsel itu tumbuh double digit, lebih dari 10 persen di EBITDA dan net income. Ini kalkulasi kasar saja, kalau triwulan ketiga seperti itu, target-target Telkomsel di tahun 2013 rasanya tercapai,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengatakan perseroan dalam kondisi prima menghadapi tantangan 2014 di tengah masih belum menentunya  kondisi makro ekonomi.

“Depresiasi rupiah yang terus berlanjut  tantangan bagi semua operator. Pasalnya, pendapatan dalam rupiah sementara belanja modal itu pakai dollar AS. Untung kami memiliki fundamental keuangan dan organisasi yang solid,” tegasnya.

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimistis mampu menaklukkan kejenuhan industri telekomunikasi tanah air dan bergejolaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News