Intel Gandeng Lembaga Pembiayaan

Intel Gandeng Lembaga Pembiayaan
Intel Gandeng Lembaga Pembiayaan

jpnn.com - JAKARTA--Penjualan produk komputer hingga akhir tahun 2013 diprediksi menjadi sekitar 6 juta unit. Meski cukup besar, ternyata penetrasi komputer di Indonesia hanya berjumlah 15 juta unit atau baru sekitar lima persen dari 250 juta total penduduk.

 

Penyebabnya karena sebagian besar masyarakat menilai harga PC masih terlalu mahal. Padahal, sejumlah vendor mengaku telah menjual harga dengan rentang harga beragam, mulai harga Rp 3 jutaan hingga belasan bahkan puluhan juta.

“Saya melihat lembaga multifinance perlu melihat peluang bisnis, dengan menurunkan bunga pinjaman, profit mereka memang akan sedikit berkurang namun volume permintaan justru akan meningkat, jelas ini bisa mendorong pertumbuhan bisnis pembiayaan lebih menggeliat,” ujar Hermawan Sutanto, Direktur Marketing Intel Indonesia Corporation, dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN, Jumat (22/11).

Bentuk pemanfatan peluang, ujar Hermawan misalnya, memberikan kemudahan akses kepada masyarakat melalui skema pembiayaan kredit mikro. Ini penting, mengingat skema kredit seperti ini pembayarannya lancar.

“Jika dibandingkan dengan penyaluran kredit untuk konglomerasi atau korporasi besar, resiko kredit mikro akan jauh lebih kecil,” ujarnya.

Karena itu, Hermawan berharap lembaga pembiayaan lebih proaktif menyalurkan kredit untuk produk-produk PC, smartphone maupun tablet dengan bunga lebih atraktif. Untuk mendorong multifinance lebih gencar, Hermawan telah berupaya menawarkan berbagai kerja sama.  

“Kami mengundang perusahaan pembiayaan yang berani melihat peluang pertumbuhan bisnis dengan meringankan tenor kredit pembelian komputer. Misalnya memperpanjang tenor pembayaran bisa sampai 36 bulan dengan suku bunga lebih terjangkau sehingga masyarakat bisa memiliki komputer dengan 100 ribuan sebulan,” ujarnya.

JAKARTA--Penjualan produk komputer hingga akhir tahun 2013 diprediksi menjadi sekitar 6 juta unit. Meski cukup besar, ternyata penetrasi komputer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News