Sederet PR Besar Menanti Kapolri Jenderal Sigit

Sederet PR Besar Menanti Kapolri Jenderal Sigit
Wakil Ketua Umum DPP PKB yang juga Wakil Ketua MPR RI, H. Jazilul Fawaid SQ, MA. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sederet pekerjaan rumah (PR) besar sudah menanti Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1).

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan PR pertama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ialah menyelesaikan persoalan di internal Polri.

Melanjutkan penguatan reformasi internal di jajaran Polri, yang sudah dilakukan beberapa Kapolri terdahulu.

“Ini perlu agar polisi menjadi polisi yang profesional dan terpercaya. Ya, kalau sekarang tambah lagi dapat memprediksi kamtibmas yang menjadi ancaman,” kata Jazilul, Kamis (28/1).

Anggota Komisi III DPR yang karib disapa Gus Jazil ini menambahkan hal itu seperti disampaikan Listyo Sigit Prabowo yang memiliki motto Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan saat uji kelayakan dan kepatutan.

Ia menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga perlu melakukan konsolidasi internal, termasuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong.

”Intinya tantangan internalnya mereformasi jajaran kepolisian yang lebih mengayomi, melindungi, melayani untuk kepentingan kamtibmas,” ungkapnya.

PR kedua, lanjut Gus Jazil, bagaimana Kapolri baru bisa membantu pemerintah dan masyarakat untuk terhindar dari pandemi Covid-19 dengan menegakkan protokol kedisiplinan, sehingga aman dari ancaman corona.

Sejumlah PR besar telah menanti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo. Mulai konsolidasi internal, menuntaskan kasus besar, sampai memastikan keamanan pelaku usaha di masa pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News