Sedih Warga Miskin Terinjak, Terciptalah ATM Beras

Sedih Warga Miskin Terinjak, Terciptalah ATM Beras
Budi Adji Abdul Gonie dan ATM beras karyanya. Kini mulai banyak orang memanfaatkan ATM canggih itu. Foto: SHABRINA PARAMACITRA/JAWA POS

jpnn.com - JPNN.com - Budi Adji Abdul Gonie menciptakan ATM beras. Meski di Indonesia belum banyak yang memanfaatkan, beberapa negara malah sudah memesannya.

SHABRINA PARAMACITRA, Jakarta

Temuan Budi Adji ini memang tergolong masih ’’baru’’. Mesin anjungan tunai mandiri beras (ATMB) ini baru selesai dibuat dan diuji coba pada 2014.

Dan, mulai diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di masjid-masjid dan kantor-kantor pada Juli 2016. Bahkan, ATM itu sudah mengantongi sertifikat hak paten.

’’Saya sedang mengurus merek dagang (trade mark)-nya. Sebab, belakangan ini banyak channel TV Islami yang menayangkan mesin ATM ini,’’ ujar Budi Adji ketika ditemui di kantornya, Gedung Cyber, Kuningan, Jakarta, Rabu (21/12).

Budi memang akrab dan sangat suka berinovasi. ATMB hanyalah salah satu inovasi teknologi yang dia ciptakan.

’’Saya memang suka ngoprek (utak-atik mesin, Red). Ya sambil kerja, mikirin apa lagi yang bisa dibuat ya,’’ imbuhnya.

Budi mengaku sering kepikiran melihat cara pembagian sedekah kepada orang-orang miskin yang dianggap kurang efektif. Bahkan cenderung semrawut.

JPNN.com - Budi Adji Abdul Gonie menciptakan ATM beras. Meski di Indonesia belum banyak yang memanfaatkan, beberapa negara malah sudah memesannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News