Segera Beber Hasil Pemeriksaan Internal Pabrik Narkoba di LP Cipinang

Segera Beber Hasil Pemeriksaan Internal Pabrik Narkoba di LP Cipinang
Segera Beber Hasil Pemeriksaan Internal Pabrik Narkoba di LP Cipinang

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan pemeriksaan internal terkait kasus pabrik sabu di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang. Hasil pemeriksaan itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Pemeriksaan internal dilakukan Irjen. Dalam satu sampai dua hari ini hasil akan diumumkan," ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (11/8) malam.

Amir menjelaskan, aparat kepolisian turun tangan dalam mengatasi kasus pabrik sabu di lapas. Institusi yang dipimpin Jenderal Timur Pradopo itu melakukan proses hukumnya.

"Pemeriksaan yang berkaitan dengan kewenangan pro-yustisia dilakukan oleh kepolisian dan sudah ada langkah-langkah awal berupa penahanan dan sebagainya, baik terhadap petugas lapas maupun warga binaan," ucapnya.

Menurut Amir, pihaknya belum bisa membeberkan pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam kasus itu. "Kita menunggu aparat penyidik yang punya kewenangan proyustisia tadi," katanya.

Seperti diketahui, Kemenkumham dan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri melakukan penggeledahan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (6/8) lalu. Penggeledahan itu terkait laporan tentang "pabrik sabu" di dalam lapas.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin dan Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri Brigjen Pol Arman Depari. Dalam penggeledahan itu, petugas menemukan bahan pembuat narkoba jenis sabu (prekursor) yakni  tujuh bungkus berisi bubuk berwarna merah dan enam bungkus berisi bubuk berwarna kuning. (gil/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan pemeriksaan internal terkait kasus pabrik sabu di Lembaga Permasyarakatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News