Sehari Terjadi Lonjakan Kasus Positif Corona di Bengkulu, Ini Perincian dan Penyebabnya

Sehari Terjadi Lonjakan Kasus Positif Corona di Bengkulu, Ini Perincian dan Penyebabnya
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni (tengah). Foto: Antara

jpnn.com, BENGKULU - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu mengumumkan tambahan 23 kasus konfirmasi positif Corona (COVID-19), Sabtu (9/5).

"Hari ini ada penambahan 23 kasus positif COVID-19 baru di Provinsi Bengkulu dan total semua yang positif menjadi 37 kasus," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bengkulu, Jaduliwan, Sabtu.

Tambahan 23 kasus baru itu 15 orang di antaranya di Kota Bengkulu, tiga orang di Kabupaten Bengkulu Utara, dua orang di Kabupaten Seluma, Kabupaten Kepahiang satu orang, satu orang di Kabupaten Bengkulu Tengah, dan satu orang di Kabupaten Mukomuko.

"Dari jumlah itu sembilan di antaranya merupakan perempuan dan 14 orang laki-laki. Mereka ada yang menjalani perawatan di rumah sakit dan ada yang diminta melakukan karantina di rumah masing-masing," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, dari tambahan 23 kasus positif ini, 17 di antaranya merupakan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), satu orang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan lima orang merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dari jumlah itu sebanyak sembilan orang diduga tertulari dari kasus konfirmasi positif COVID-19 sebelumnya.

"Sebagian besar penambahan kasus baru ini tidak memiliki gejala klinis. Banyak juga yang tertular dari kasus sebelumnya, jadi dia tidak punya riwayat perjalanan ke luar daerah atau transmisi lokal," ucap Herwan.

Ia menambahkan, tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu bersama dinas kesehatan akan segera melakukan penelusuran kontak tracing pasien tersebut.

Sepanjang Sabtu (9/5), terjadi tambahan 23 kasus konfirmasi positif Corona (COVID-19) di Provinsi Bengkulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News