Sehari, Tol Bali Dilewati 115.200 Kendaraan

Sehari, Tol Bali Dilewati 115.200 Kendaraan
Sehari, Tol Bali Dilewati 115.200 Kendaraan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkap banyak pengunjung yang berdatangan menggunakan tol Bali di atas laut, setelah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin (23/9) kemarin.

"Satu hari kemarin kendaraan yang lewat sudah 115.200, terdiri dari mobil 56.500 dan sepeda motor 58.700. Banyak ya," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9).

Meski sangat ramai, bekas Dirut PLN ini mengaku tak mendapat laporan bahwa ada pengguna tol Bali yang berhenti di jalan untuk mengabadikan diri dengan berfoto-foto. Ia menilai tertibnya masyarakat di Bali setelah adanya himbauan sebelumnya, sehingga pengendara tidak berhenti di tepi jalan. “Tidak ada laporan soal itu,” tandasnya.

Jalan tol Bali merupakan salah satu penunjang akses transportasi saat pagelaran KTT APEC Oktober mendatang. Selain menghubungkan wilayah selatan Pulau Bali (kawasan Nusa Dua) dengan wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, tepatnya kawasan Pelabuhan Benoa. Jalan tol ini juga diberikan akses menuju ke Bandara Internasional Ngurah Rai.

Proyek jalan tol yang memakan biaya Rp 2,4 triliun ini dikelola secara kroyokan oleh konsorsium BUMN. Mereka yakni PT Jasamarga Bali Tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pelindo III (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Bali (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta PT Hutama Karya (Persero).

Setelah diresmikan pada 23 September lalu, selama seminggu ke depan tol Bali akan digratiskan. Setelah itu, nanti pengendara mobil akan dikenakan biaya Rp 10 ribu, sedangkan pengendara roda dua akan dikenakan biaya Rp 4 ribu. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkap banyak pengunjung yang berdatangan menggunakan tol Bali di atas laut, setelah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News