Sehat, Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Puasa

Sehat, Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Puasa
Sehat, Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Puasa
BANDUNG- Bulan Ramadan ini adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di dunia. Namun tidak semua orang mampu menjalankan ibadah puasa ini seperti ibu hamil dan menyusui.

Di antara kemudahan dalam syar’at Islam adalah memberi keringanan kepada wanita hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa. Jika wanita hamil takut terhadap janin yang berada dalam kandungannya kekurangan gizi dan wanita menyusui takut kekurangan, maka boleh baginya untuk tidak berpuasa, dan hal ini tidak ada perselisihan di antara para ulama.

Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya Allah "azza wa jalla meringankan setengah shalat untuk musafir dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil dan menyusui.”

Meski demikian dipandang secara medis, sebetulnya ibu hamil dan menyusui bisa saja menjalankan ibadah puasa dengan beberapa persyaratan kesehatan.

Ahli kandungan Melinda Hospital, Julius T Pangayoman Sp. Og mengatakan ibu hamil bisa saja puasa. "Hanya itu harus dilihat dan dikondisikan dengan kondisi bayi di dalam kandungannya," paparnya yang ditemui di Melinda Hospital, Jalan Padjadjaran, belum lama ini.

BANDUNG- Bulan Ramadan ini adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di dunia. Namun tidak semua orang mampu menjalankan ibadah puasa ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News