Sejumlah Mahasiswa Kembali Menggelar Aksi di Depan Gedung PT Timah, Ini Tuntutannya

Sejumlah Mahasiswa Kembali Menggelar Aksi di Depan Gedung PT Timah, Ini Tuntutannya
Sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Persatuan Pemuda Mahasiswa Tolak Korupsi kembali menggelar aksi di depan gedung PT Timah, Jakarta. Foto: Dok PPMTK

jpnn.com, JAKARTA - Sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Persatuan Pemuda Mahasiswa Tolak Korupsi kembali menggelar aksi di depan gedung PT Timah, Jakarta.

Kordinator aksi Abdul Imam menyampaikan berdasarkan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) penjualan atas Tin Cheminal pada PT. Timah Industri (PT TI) tahun 2019 sampai dengan 2021 belum sesuai dengan target dan PT TI menanggung beban depresiasi atas idle capacity sebesar Rp 28.845.298.351.

"Informasi dari BPK, PT TI anak usaha dari PT Timah menanggung beban sebesar Rp 28 miliar karena tidak optimal dan di sini negara rugi alias tidak balik modal," kata Imam.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Abdullah Umar membenarkan adanya temuan BPK, tetapi beralasan kapasitas produksi PT Timah Industri sepanjang tahun 2019 sampai 2021 belum memenuhi kapasitas terpasang.

Konsekuensinya produksi tidak memenuhi target sesuai dengan yang ditargetkan perseroan.

Namun menurut Imam, setiap perusahaan tentu memiliki Rancangan Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) termasuk PT Timah.

Di dalam RJPP pasti sudah dipetakan oleh tim konsultan pakar secara rinci mulai dari keuangan, modal yang dikeluarkan untuk melakukan produksi, termasuk mesin-mesin timah yang akan dilakukan untuk proses Tin Cheminal.

Imam berkesimpulan, kerugian yang ditanggung oleh PT TI tidak masuk diakal karena sudah ada RJPP termasuk analisa Swot dan lainnya. Kuat dugaan ada oknum yang telah melakukan penyelewengan yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

Sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Persatuan Pemuda Mahasiswa Tolak Korupsi kembali menggelar aksi di depan gedung PT Timah, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News