Sejumlah Petani Menaruh Harapan Besar Kepada Mentan Syahrul

Sejumlah Petani Menaruh Harapan Besar Kepada Mentan Syahrul
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Foto: Kemantan

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah petani menaruh harapan besar kepada Menteri Pertanian baru, yakni Syahrul Yasin Limpo. 

Harapan itu utamanya yang berkaitan langsung dengan regulasi tata kelola produksi, serta memberikan jaminan bibit unggul secara gratis dan continue.

"Bantuannya jangan hanya sekali dua kali. Tapi harus berlanjut pada setiap musim cocok tanam. Kemudian memberi jaminan pasti terkait persoalan harga produksi," ujar Nuril Huda, seorang petani jagung di Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (9/11).

Nuril mengatakan, ke depan Mentan Syahrul juga diharapkan mengawal langsung setiap bantuan yang diberikan. Langkah ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan adanya penyalahgunaan.

"Kami berharap petani bisa dimakmurkan. Bantuan pemerintah betul-betul bisa dirasakan, tidak menguap di tengah jalan. Bantuan benih juga harus disesuaikan dengan kondisi biografi dan karakter petani," katanya.

Sementara petani asal Bandung, Ulus Pirmawan berharap Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo (SYL) bisa menyatukan visi dengan kementerian lain untuk mewujudkan kesejahteraan petani.

"Saya lihat kemarin beliau (SYL) sudah silaturahmi dengan kementerian lain. Itu langkah yang sangat bagus karena selama ini kami berharap pemerintah membuka akses produksi dan pasar. Misalnya pertanian fokus produksi, kemendag fokus pasar. Jadi semuanya berjalan tidak pincang," katanya.

Menurut Ulus, jika kekompakan itu terjalin maka bukan tidak mungkin pertanian Indonesia berjaya. Karena itu, itikad baik Mentan Syahrul dalam memperbaiki data harus didukung oleh semua pihak.

Berharap Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo (SYL) bisa menyatukan visi dengan kementerian lain untuk mewujudkan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News