Sekali Tekan, Uang Nyaris Rp 100 Juta Milik Bella Lenyap, Tak Disangka

Sekali Tekan, Uang Nyaris Rp 100 Juta Milik Bella Lenyap, Tak Disangka
Pimpinan Cabang BRI Garut Jimmy Fajriansyah menuturkan sejak mendapatkan laporan dan langsung berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Ilustrasi Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Berawal dari terbujuk mengakses tautan atau link Rizka Bella Tri Kartika kehingan uang nyaris Rp 100 juta di dalam rekeningnya.

Padahal, saldo tabungan sebesar Rp 99,5 juta itu rencananya akan digunakan sebagai modal usaha itu pun hilang.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Kepolisian dengan sigap berhasil menggagalkan aksi penipuan berkedok rekayasa sosial atau social engineering yang nyaris menguras tabungan nasabah BRI itu.

Bella menjadi korban aksi penipuan social engineering dengan modus pengumuman perubahan tarif transaksi bank.

"Jika diabaikan, saya dianggap setuju dengan pilihan pertama. Makanya saya langsung ikuti perintah yang disampaikan," ujar Bella dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Semula, korban tidak menanggapi pesan singkat karena sedang berada di sekolah anak. Pelaku kemudian menghubungi korban dengan mengaku sebagai pegawai BRI yang membutuhkan kepastian.

"Katanya terkait besaran tarif transfer. Jadi saya harus memilih apakah akan mengggunakan tarif sebesar Rp 150 ribu per bulan unlimited transaksi atau tarif semula sebesar Rp 6.500 per transaksi," kata Bella.

Setelah sadar bahwa dirinya tertipu, Bella langsung menghubungi BRI untuk melaporkan peristiwa yang menimpanya dan mendapatkan penjelasan bahwa telah menjadi korban penipuan berkedok social engineering.

Pimpinan Cabang BRI Garut Jimmy Fajriansyah menuturkan sejak mendapatkan laporan dan langsung berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News