Sekali Transaksi Sampai Rp 4 Miliar

Sekali Transaksi Sampai Rp 4 Miliar
Sekali Transaksi Sampai Rp 4 Miliar
POLISI dituntut lebih mendalami rekening gendut Aiptu Labora Sitorus yang diduga melakukan pidana illegal logging dan penyelundupan BBM. Pasalnya PPATK menemukan banyak aliran dana mencurigakan, salah satunya transaksi yang nilainya mencapai Rp 4 miliar.

Ketua PPATK M. Yusuf mengatakan ada sejumlah catatan transaksi tunai yang dilakukan Labora. Transaksi itu nilainya mulai dari Rp 500 juta sampai Rp 4 M. "Yang tunai-tunai seperti itu banyak. Sekali transaksi bisa sebesar itu," ujar M. Yusuf di Hotel Le Meridien, Senin (20/5).

Dia berharap Labora menjelaskan perihal pada siapa saja dana mengalir. Sebelumnya Labora menyebutkan bahwa dia menyetor ke sejumlah oknum di Polri. Menurut Yusuf, di rekening Labora sendiri tersimpan uang Rp 500 Miliar. Sementara selama lima tahun transaksi yang tercatat di rekening Labora mencapai Rp 1 ,5 Triliun. Nilai itu akumulasi dari transaksi sejak 2007 hingga 2012. Belakangan diketahui uang-uang itu diperoleh Labora salah satunya dari bisnis terlarang yakni illegal logging dan penyelundupan BBM.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto memastikan kalau instansinya siap memberikan bantuan. Namun hanya sebatas koordinasi dengan kepolisian khususnya Polda Papua, bukan mengambil alih kasus. "KPK dalam konteks koordinasi akan membantu Polda Papua menangani kasus ini," jelasnya.

POLISI dituntut lebih mendalami rekening gendut Aiptu Labora Sitorus yang diduga melakukan pidana illegal logging dan penyelundupan BBM. Pasalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News