Sekjen Kemendagri Siap Jika Memang Dipercaya Jadi Plt Gubernur DKI

Sekjen Kemendagri Siap Jika Memang Dipercaya Jadi Plt Gubernur DKI
Sekjen Kemendagri Yuswandi A Temenggung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Yuswandi A Temenggung mengaku siap mengemban amanah jika nantinya memang ditugasi menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur DKI Jakarta. Jika Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memang menugaskan Yuswandi, maka birokrat senior di yang dikenal mumpuni soal keuangan itu siap menjalankannya.

"Saya kira selalu siap, harus (siap menerima penugasan,red). Tapi intinya, itu kewenangan mendagri melihat siapa yang pas dan di mana posisi apa," ujar Yuswandi, Selasa (25/10).

Yuswandi menambahkan, dirinya sebagai aparatur pemerintahan siap menerima penugasan. Apalagi penunjukan pelaksana tugas gubernur oleh Mendagri diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun, Yus -sapaan akrabnya- tidak mau berandai-andai. “Sebaiknya tanya sama mendagri. Tapi intinya kami harus siap mengemban tugas," ujar Yus.

Yus mengatakan, dalam Peraturan Mendagri Nomor: 74/2016 yang mengatur cuti bagi kepala daerah juga ditetapkan ‎lima tugas utama Plt. Yaitu, menjalankan pemerintahan daerah sehari-hari, menjaga dan berkoordinasi dalam menjaga ketentraman dan ketertiban, menyelesaikan APBD dan melaksanakan susunan organisasi tata kerja (SOTK) setelah mendapat persetujuan mendagri.

"Misalnya, pengukuhan kalau ada SOTK baru. Ini pengaturan-pengaturan yang sangat limitatif," ujar Yus.

Rencananya, kata Yus, Mendagri Tjahjo Kumolo akan mengukuhkan lima Plt gubernur pada Rabu (26/10) dan Kamis (27/10). Sementara dua daerah lain dari total tujuh ‎provinsi yang menggelar pilkada serentak 2017, mendagri akan mengangkat Penjabat (Pj) gubernur, karena masa jabatan kepala daerah yang ada bakal berakhir akhir tahun ini.

‎Untuk Plt Gubernur DKI Jakarta dan Banten, pengukuhannya akan dilaksanakan pada Rabu (26/10). Kemudian untuk Bangka Belitung, Aceh dan Gorontalo digelar pada Kamis (27/10). Sementara pengangkatan Pj Gubernur untuk Papua Barat dan Sulawesi Barat kemungkinan baru akan dilaksanakan akhir Desember mendatang.(gir/jpnn)


JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Yuswandi A Temenggung mengaku siap mengemban amanah jika nantinya memang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News