Sekjen MPR Buka Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat SLTA

Sekjen MPR Buka Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat SLTA
Sekjen MPR Ma’ruf membuka acara Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR tingkat SLTA di gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8) malam. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma’ruf Cahyono memompa semangat para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang berlaga di Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR.

Ma’ruf mengatakan LCC ini bukan hanya sekadar untuk berkompetisi menjadi juara nasional. Namun, di sinilah saatnya untuk belajar semua hal termasuk persoalan ekonomi, hukum, sosial, ideologi Pancasila

"Manfaatkan ruang yang ada di MPR selama berinteraksi untuk proses pembelajaran,” kata Ma’ruf saat membuka Final LCC 4 Pilar di gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8) malam.

Menurut Ma’ruf, LCC merupakan metode yang bertujuan memperkaya wawasan, ilmu tentang konstitusi dan tata negara. "Jadi, tahapan yang diberikan itu stimulan untuk mulai berpikir tentang satu wacana yang bisa saja berbeda," katanya.

Dia mengatakan, nantinya para peserta akan dirangsang untuk bagaimana berpikir luas dan kaya tentang suatu permasalahan, termasuk melatih kecermatan. "Cerdas tapi tidak cermat akan mengurangi kemampuan. Jadi, ini sebagai ajang untuk adik-adik semua belajar," ungkap Ma’ruf.

Tidak lupa, Ma’ruf mengingatkan seluruh peserta menjaga kondisi fisik dan kesehatan. Jangan sampai nanti tidak fokus dan konsentrasi karena fisik lemah. Dia mengatakan, kalau fisik sehat maka pikiran pun akan sehat dan sebaliknya.

"Harus siap jaga kesehatan, makan teratur, jangan malas-malasan makan minum. Jangan sampai pengalaman lalu ada yang sakit karena tidak antisipasi kesehatan," nasihat Ma’ruf.

Seperti diketahui, Final LCC ini diikuti para pelajar SLTA dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka merupakan juara di tingkat provinsi. Kini, mereka akan berlaga di tingkat nasional membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma’ruf Cahyono memompa semangat para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News