Sekjen PDIP: Berpolitik Bukan Semata Kekuasaan

Sekjen PDIP: Berpolitik Bukan Semata Kekuasaan
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam konsolidasi internal yang digelar DPC PDIP Garut, Jawa Barat, Selasa (10/10). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, GARUT - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan sesama kader partainya di Garut, Jawa Barat akan pentingnya menggunakan politik sebagai alat perjuangan. Menurut Hasto, berpolitik bukan melulu soal berkuasa.

Hasto menyatakan itu saat menghadiri Konsolidasi Organisasi Internal DPC PDIP Garut di Graha Intan Balarea, Garut, Jawa Barat, Selasa (10/10). Di hadapan ratusan kader PDIP di Garut, Hasto menegaskan bahwa politik bukan semata-mata tentang kekuasaan, tetapi juga menyangkut kebudayaan dan memastikan ekonomi gotong royong berjalan di masyarakat.

“Politik juga soal kebudayaan, soal disiplin, soal tertib untuk tidak membuang sampah di selokan atau sungai. Politik merupakan keseluruhan hal tentang kehidupan dan penghidupan rakyat jelata,” katanya.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, PDI Perjuangan bertekad membumikan politik guna menjawab berbagai persoalan rakyat bawah. Bahkan, persoalan lingkungan pun menjadi bagian dari perjuangan politik PDIP.

Hasto lantas mencontohkan upaya merawat sungai. Menurutnya, sungai merupakan halaman depan yang harus dirawat dan dijaga.

“Jangan pernah buang sampah di sungai. Buanglah sampah pada tempatnya, agar kita terbiasa hidup bersih. Bersih secara lahir dan batin," katanya mengingatkan.

Sembari menjelaskan slide dari tayangan film pendek bertitel Bung Karno: Aku Melihat Indonesia, Hasto juga mengangkat kembali ruh perjuangan PDIP sebagai partai yang berasal dari wong cilik. Menurutnya, pantang bagi PDIP untuk menyakiti rakyat kecil.

"Jangan pernah menyakiti rakyat kecil. Mereka harus menjadi dasar kebijakan politik partai,” tuturnya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa politik merupakan alat untuk perjuangan. Karena itu, berpolitik berarti juga memperjuangkan budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News