Sekjen PDIP Kagum dengan Seni Silat dan Karawitan Jawa Barat

Sekjen PDIP Kagum dengan Seni Silat dan Karawitan Jawa Barat
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sambutan dalam Festival Pencak Silat Banteng Wulung Cup 2023 se-Bandung Raya, di GOR Pajajaran, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3). Foto: Dokumen PDIP.

jpnn.com - BANDUNG - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kagum dengan pertarungan pencak silat yang diperagakan dalam Festival Pencak Silat Banteng Wulung Cup 2023 se-Bandung Raya, di GOR Pajajaran, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3).

Dalam festival itu, diperagakan juga tarian silat drama kerajaan lengkap dengan karawitan dan sinden.

"Saya sangat kagum dan terpukau dengan keluwesan, apalagi sangat kompak antara silat dan instrumen musik yang mengiringinya," kata Hasto seusai menyaksikan pencak silat bersama penanggung jawab acara TB Hasanuddin, serta anggota DPR RI Niko Siahaan dan jajaran pengurus DPD PDIP Jawa Barat di bawah pimpinan Ono Surono.

Menurut Hasto, gabungan antara karawitan yang berisi tari, drama, dan sinden berpadu dengan silat menunjukkan ciri khas Jawa Barat yang begitu kuat, terutama dalam pukulan gendangnya.

“Dari unsur-unsur gerak yang ditampilkan di dalam silat tadi, saya menangkap dalam tari-tariannya belajar dari alam. Ada yang mematuk gaya ular, ada yang begitu kokoh laksana gajah yang melangkah, ada yang terkamannya seperti harimau,” ungkap Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan itu juga memperhatikan drama silat tentang kisah sebuah kerajaan di Bumi Pasundan.

Menurut Hasto, Sang Mahapati kerajaan bermimpi dalam kontemplasi atas persoalan kehidupan rakyatnya.

Dari kontemplasi itu, kata Hasto, Sang Raja mendapat sinyal solusi dari Gusti Allah untuk mencari Banteng Wulung.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kagum dengan pertarungan pencak silat yang diperagakan dalam Festival Pencak Silat Banteng Wulung Cup 2023 se-Bandung Raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News